Posted by : Iqbal 26 Jan 2013


Z-T Blog

Iqbal 10 Blog - ya sobat Iqbal10 Blog , Jika sobat mempunyai handphone yang bisa memutar lagu, video, gambar dan lainya, sobat pasti kesal kalau tiba-tiba kartu memory yang sobat gunakan tidak dapat membaca beberapa filenya atau bahkan tidak terbaca sama sekali oleh Hp yang sobat gunakan. 

Sebenarnya kartu memori akan susah untuk rusak secara fisik sehingga banyak perusahaan kartu memori micro SD yang memberi garansi seumur hidup, tetapi secara software kartu memori tidak ada  garansinya dan lebih mudah rusak. Maka kali ini saya akan memberi beberapa tips dalam menyelamatkan kartu memory anda.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu memory hape yang mengalami kerusakan:

Sering di pindah-pindah
Jika sobat suka memindahkan suatu kartu memory dari hp satu ke hp yang lain yang hanya sekedar untuk menggandakan file, saya rasa sobat perlu menghentikan kebiasaan itu. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

Cara Memindahkan
Cara memindahkan karu memori hp yang benar adalah menon aktifkan hp terlebih dahulu, setelah hp mati, jangan terburu-buru untuk langsung mencabutnya, tunggulah  sekitar 30 detik untuk memastikan data yang ada di hp telah masuk semua ke memori, lalu barulah cabut dan memindahkan ke hp yang baru.

Terkena Minyak atau kotoran
Jika sobat ingin memindahkan atau menyimpan kartu memori pastikanlah tangan dan tempat menaruh memori bersih dari debu atau kotoran dan minyak.

Terkena Virus
Menyabungkan kartu memori hp ke komputer bisa jadi penyebab utama kartu memory hp terinfeksi virus. Maka sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksa apakah  kondisi komputer yang akan di gunakan   untuk mentransfer data ke kartu memori hp dalam kondisi fit (dalam arti tidak terinfeksi virus).

Magnet
Salah satu penyebab rusak atau hilangnya data di kartu memory adalah magnet. Hindarilah menaruh hp dan kartu memori di dekat magnet atau yang memiliki daya magnet. Karena magnet dapat menyedot data di memori hp dan merusak struktur partikel-partikel di dalamnya.

Bekerja extra
Seperti manusia, kartu memori juga butuh istirahat untuk merilekan diri. Jika Anda sering memotar lagu atau video yang tersimpan di kartu memori sampai ber jam-jam saya rasa, umur kartu memory anda tidak terlalu panjang, walaupun dengan kualitas dan merek terbaik.

ini sobat Cara memperbaikinya :

Bersihkan Kartu


Z-T Blog 

Jika kartu memori Hp sobat merasa rusak bukan karena terinfeksi virus saya sarankan sobat melakukan hal ini terlebih dahulu, tetapi bila anda merasa memori anda rusak karena terinfeksi virus, silahkan melewati langkah ini.  Sebelum kita melakukan pemformatan terhadap kartu memori yang bermasalah, ambilah penghapus pensil. Ya penghapus pensil ini berguna untuk membersihkan tembaga atau kuningan yang di jalur kartu (mata koneksi) dengan cara menggosok-gosokan penghapus pensil sampai bersih, lalu cobalah masukan kartu memory ke hp untuk menguji, jika masih belum berhasil lakukan langkah selanjutnya..


Back up
Jika langkah pertama gagal, langkah kedua adalah memback up data bagi memori yang dapat membaca file tapi hanya sebagian, jika file itu penting back up dulu sebelum menyesal.

Tindakan Pemformatan
Dalam langkah ini anda bisa menggunakan hp (jika masih bisa terbaca) atau komputer.

Cara format dengan komputer:

Format Pertama Dengan Windows Explorer
1. Siapkan kabel data atau card reader (saya sarankan menggunakan card reader.
2. Masuk My computer, cari drive letak memory berada, misal disk E atau F (tergantung letak memori)
3. Klik kanan, pilih format, muncul pilihan Fat , fat 32, ntsc (format terbaik dan terbersih adalah dengan memilih Fat)
4. Klik format now " tunggu sampai selesai".

Jika sudah berhasil maka almahdullilah, :D ,tetapi jika beberapa kali anda gagal melakukan pemformatan melalui windows explorer, langkah selanjutnya adalah "Format melalui Command Line":

Format melalui Command Line
1. Klik start, pilih run dan tulis cmd lalu search
2. Setelah masuk jendela run sekarang Anda menulis  FORMAT h: / FS:FAT ( tergantung letak kartu memori kalau di Disk G maka ganti huruf "h" dengan "g" begitu juga yang lainnya).
3. Maka akan berjalan proses pemformatan, tunggu samapi selesai.

ya sobat mungkin saja yang saya sampaikan kepada sobat tentang Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kartu Memori Handphone Yang Rusak. semoga bermanfaat :)


,tolong tinggalkan komentar untuk kunjungan balik.. terima kasih..


Sumber : http://zhalltrozans.blogspot.com/2013/01/penyebab-dan-cara-memperbaiki-memory-hp.html#ixzz2J5MYVhQU

{ 4 comments... read them below or Comment }

  1. Artikelnya sangat bermanfaat gan ,, makasih

    ReplyDelete
  2. wajib dicatet nih bwat jaga2 :D

    ReplyDelete
  3. aku uda 2x gnti mmc dlm sbulan
    Gara2 ini
    1.Sering di pindah-pindah
    2.Bekerja extra

    Tak pkr gk knp2 eh, soak deh akhrnya
    Trims bang infonya

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat sekali, ternyata klo sering dipindah2 jga bisa merusak yah,,,, thanks mas Iqbal ^_^

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Iqbal10™ - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -