Posted by : Iqbal 4 Aug 2012


Gedung Putih selain tempat yang penuh intrik dan konspirasi politik, juga merupakan bangunan yang dihuni oleh banyak mahluk gaib yang sering menampakkan diri, mengganggu dan menjahili para penghuninya. Banyak cerita-cerita hantu seru yang menyeruak dari Gedung Putih, berikut uniknya.com merangkum 5 tempat berhantu di gedung kebanggaan Masyarakat Amerika Serikat:

1. North Portico  (Gerbang Depan)
Dikabarkan hantu Anne Surrat pernah terlihat dan mengetuk beberapa pintu ruangan di Gedung Putih, ia melakukan hal tersebut untuk mencoba membebaskan ibunya. Marry Surratt adalah salah satu dari mereka yang dieksekusi pada 1865 atas  konspirasi pembunuhan Presiden Abraham Lincoln. Putrinya Anne kali pertama terlihat di Gedung Putih pada 7 Juli, momen ketika sang Ibu berjalan menuju tiang gantungan
Bukan hantu Anne Surrat saja yang menghantui kawasan North Portico di Gedung Putih ini, melainkan hantu tentara Inggris yang tewas pada sebuah pertempuran yang terjadi pada 1832. Hantu tentara tersebut suatu waktu selalu menampakkan diri dengan berjalan  sambil memegang obor menyala di gerbang depan Gedung Putih. Kabar mengatakan ia sebelum meningga diberi perintah oleh atasannya untuk membakar Gedung Putih. 
2. Rose Garden  (Taman Bunga)
Hantu yang menghuni kawasan ini adalah Dorothea Paine “Doley” Madison, seorang isteri Presiden James Madison. Ia dikabarkan sering terlihat saat Woodrow Wilson berkuasa di Gedung Putih. Dolley adalah seorang pecinta tanaman khususnya bunga, ia telah menanami taman tersebut dengan berbagai jenis bunga ratusan tahun lalu, namun ketika Lady Ellen Louise Wilson menyuruh para pekerja kebun untuk menggali dan mengganti bunga-bunga tersebut, arwah Dolley menampakkan diri untuk mencegah tanamannya dirusak. Setelah peristiwa itu tidak ada lagi yang berani mengganggu tanaman yang ada di Rose Garden, dan hingga saat ini tanaman tersebut masih tumbuh-mati silih berganti.
3. Attic  (Loteng di Ruang Oval)
Hantu lelaki ini dikabarkan menghuni dan bergentayangan di loteng yang terletak di atas Ruang Oval, Gedung Putih. Kehadirannya selalu ditandai dengan suara gaduh, seperti seseorang yang sedang mencari sesuatu di dalam ruangan penuh barang. Apa yang dicarinya tidak seorang pun yang mengetahuinya.

Selama Harry S Truman berkuasa, seorang penjaga mendengar suara David Burns yang dipaksa menyerahkan tanahnya untuk digunakan sebagai wilayah pembangunan Gedung Putih pada 1970, suara itu pun muncul di loteng Ruang Oval.
4. Basement  (Lantai Dasar)
Beberapa versi cerita hantu yang bergentayang di Gedung Putih bahkan menyeret sosok hewan berkaki empat, kucing,  legenda ini dikenal dengan Washington’s Demon Cat –plesetan dari Washinton D.C (District of Columbia). Seekor siluman kucing dikabarkan menghuni ruangan bawah tanah gedung putih, kucing tersebut dikabarkan mampu meubah tubuhnya menjadi besar jika ada yang mendekatinya. Ada seorang penjaga Gedung Putih yang mengatakan, kucing siluman itu terlihat sebelum terjadi kekacauan ekonomi pada 1920, lalu terlihat juga sebelum John F. Kennedy terbunuh.
5. East Room
Beberapa karyawan Gedung Putih mengatakan bahwa mereka telah melihat sosok hantu Abigail Adams, isteri Presiden John Adams, sedang menjemur pakaian di ruang terbuka yang terdapat di East Room.
Abigail Adams, merupakan salah satu hantu tertua yang masih bergentayangan di Gedung Putih. Saat ketika suaminya berkuasa di Gedung Putih, tempat menjemur pakaian adalah sebuah masalah sederhana namun cukup pelik bagi Abigail. Sehingga untuk menjemur cuciannya ia menggunakan ruang terbuka di East Room,  sebuah ruangan yang hangat dan kering di kawasan Gedung Putih.

Abigail selalu menampakkan dirinnya seperti seorang perempuan yang menenteng keranjang cucian di pinggangnya, terkadang di suatu waktu tercium bau khas sabun cuci. (**)





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Iqbal10™ - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -