Posted by : Iqbal 4 Aug 2012


Sungai merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia,yaitu untuk pengairan,transportasi ataupun objek wisata.Bagi anda pencinta sungai,karena manfaat sungai yang diberikan sangatlah besar khususnya adalah negeri kita tercinta yang merupakan negeri algari,sungai terbaik meliputi manfaat yang diberikan dan Keindahan serta keunikan yang berbeda dengan sungai yang lain. Nah kali ini uniknya akan merangkum 5 sungai terbaik di Asia:

1. Sungai Gangga- India
Sungai Gangga adalah dianggap Suci oleh rakyat India, Sungai besar di subkontinen India ini mengalir dari pegunungan Gangetic di utara India hingga Bangladesh. Hulu sungai Gangga terletak di Himalaya barat, negara bagian Uttarakhand, India, dari ketinggian 7.756 m dan bertemu laut di delta Selat Bengal, Bangladesh, dengan panjang total 2510 km. Sungai yang memiliki kedalaman rata-rata 16 m dengan maksimal 30 m telah lama disucikan oleh umat Hindu dan banyak masuk dalam epik dan cerita lama masyarakat India. Boleh dikata, mengingat sungai dan anak sungainya mengairi 1 juta km dan menghidupi ratusan juta penduduk di bantarannya, sungai Gangga adalah nadi India. Pada November 2008, India mendeklasikan sungai Gangga sebagai Sungai Nasional India.
 
2. Sungai Kapuas- Indonesia
Sungai Kapuas atau sungai batang Lawai (Laue)merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km. Sungai ini merupakan rumah dari lebih 300 jenis ikan. Sungai Kapuas menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat.  selain itu juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi penangkap ikan. Kapuas merupakan denyut nadi perekonomian masyarakat Kalimantan.

3. Sungai Mekong- China
Mekong adalah salah satu sungai utama di dunia. Dia merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475km³ air setiap tahunnya),Sungai ini mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet  mengalir melalui provinsi Yunnan( Cina), Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Karena variasi musim yang sangat berbeda membuat alirannya berbeda dengan sungai yang lain yang membuat navigasi sangat sulit saat berlayar di sungai ini. sungai Mekong ini tidak terlepas dari sejarah bangsa-bangsa terutama di kawasan Asia Tenggara.
4. Sungai Yangtze-China
Sungai Yangtze  adalah sungai terpanjang di Cina dan di Asia. Di dunia, Sungai Panjang adalah sungai ketiga terpanjang. Sungai ini menjadi batas selatan kebudayaan kuno Cina yang berada di antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Panjang di selatan.
Sungai ini dikenal sebagai Sungai Yangtze (hanyu pinyin: Yangzi) karena adanya salah pengertian dari para misionaris pada awalnya. Sungai Yangtze (Hanzi: 楊子江) hanya merujuk kepada bagian hilir Sungai Panjang, namun karena ini yang pertama didengar oleh orang Barat, maka digunakanlah Sungai Yangtze untuk mewakili seluruh Sungai Panjang.
5. Sungai Okawa-China
Sungai Okawa mengalir dari selatan dari Kema ke ujung timur Pulau Nakanoshima,dan merupakan perbatasan antara Miyakojima and Kita.Sungai Okawa menyajikan Pemandangan terbaik saat Musim semi karena bunga sakura yang ada disekitaran Sungai Okawa, Lebih dari 300 pohon sakura mekar di Osaka Mint Bureau.Selain memiliki Sakura terbaik di jepang,Sungai Okawa Juga merupakan tempat memancing terbaik.(**)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Iqbal10™ - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -