Posted by : iqbal mubarok 22 Mei 2012


A. Pengertian Menggambar Bentuk
Menggambar adalah suatu pola kelakuan manusia atau kegiatan yang melibatkan kemampuan penglihatan dan kemahiran tangan. Kordinasi antara kemampuan penglihatan dan kemahiran tangan yang baik dapat mewujudkan karya gambar yang baik pula.



Membuat karya dua dimensi dengan meniru benda dalam bentuk seperti apa yang kita lihat disebut dengan menggambar bentuk. Menggambar bentuk secara umum merupakan kegiatan menggambar yang obyek gambarnya berupa bentuk benda.

Sumber-sumber bentuk adalah bentuk yang terdapa di alam, bentuk-bentuk yang dibuat manusia, dan bentuk-bentuk yang terjadi karena alat.
1. Pembagian Gambar Betuk
Gambar bentuk dalam perwujudannya ada dua penggolongan, yaitu gambar secara realis dan pengembangan (modern)
a.    Gambar Realis adalah gambar yang kta lihat atau apa yang kita tangkap dengan mata kita.
b.   Gambar pengembangan adalah mengembangkan atau megubah bentuk-bentuk yang realis berdasarkan imajinasi, ide atau gagasan, serta kreativitas penggambar.

2. Prinsip Menggambar Bentuk
Dalam menggambar bentuk ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan Tujuannya agar gambar yang dibuat lebih tepat/mirip dengan obyek yang digambar. Prinsip tersebut adalah :
a.       Prespektif, yaitu prinsip atau kaidah yang penting dalam menggambar bentuk atau melukis corak realis dan karenanya harus di patuhi.
b.      Gambar Proporsi yaitu adanya perbandingan bagian per bagian atau bagian dengan keseluruannya. Dengan menerapkan prinsip proporsi ini, objek gambar satu dengan lainnya harus tampak wajar. Misalnya perbandingan kaki, tubuh dan tangan.
c.       Komposisi, yatu susunan atau letak objek gambar. Letak objek gambar satu dengan lainnya hendaknya tidak berjauan sehingga tidak terpisah. Bila gambar objek disusun menyatu akan tampak indah.
d.Gelap terang (half-tone). Apabila terkena cahaya maka suatu benda akan terlihat oleh amta kita. Bagian beda akan tampak terang jika terkena cahaya, namun sebaliknya bagian terang benda akan tampak gelap jika tidak terkena cahaya. Diantara bagan terang terdapat bagian yang tidak gelap/terang (half-tone)


 3. Ketetntuan Pokok dalam Menggambar Bentuk atau Benda
Dalam menggambar bentuk atau benda kita harus memperhatikan ketentuan pokok sebagai berikut :
a.  Menggambar bentuk sesuai dengan bentuk objek yang digambar, disebut dengan istilah ”ketetapan bentuk”
b. Perbandingan antara benda yang satu dengan yang lain, disebut dengan istilah ”ukuran perbandingan atau proporsi”.
c.  Cara menempatkan benda yang digambar ke dalam bidang gambar, disebut dengan ”pembagian bidang”.
d. Pengaturan benda yang akan digambar agar lebih baik komposisinya dalam bidang gambar, disebut dengan ”komposisi”
e.  Alat yang digunakan sebagai objek yang kita gambar disebut dengan bahan. Misalnya kayu, tanah liat dan bahan lainnya.

B. Menggambar Bentuk Benda Seni Terapan
Gambar bentuk yang akan kita buat adalah dengan objek atau model benda-benda, tetapi hanya seni rupa terapan daerah setempat. Seni terapa daerah setempat, antara lain seni kriya (kerajinan tangan) yang berwujud tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah benda dengan 3 uuran atau trimatra, puna panjang, lebar, tinggi, atau memiliki ruang (volume).

1. Macam bentuk tiga dimensi
a. Kubistis (balok) yaitu benda geomatrik yang dibatasi oleh bidang-bidang datar. Bila digambar trkesan mempunyai ruang, tidak datar.
b. Benda bentuk silindris atau tabung yaituunsur benda yang berbentuk lingkaran. Yang bila dilihat secara prespektif berbentuk elips.

2. Teknik dan Media
a. teknik atau cara yaitu teknik atau cara yang digunakan untuk menggambar bentuk benda seni terapan tiga dimensi meliputi :
1). Teknik arsir atau garis
2). Teknik blok
3). Teknik campuran (blok dan arsir)

b. Media, yaitu bahan atau alat yang digunakan untuk menggambar bentuk antara lain:
1).  pensil, konte, bolpoin, pastel, spidol cocok untuk menggambar cara arsir atau garis
2). Tinta bak (cina), cat air, an cat pahat, cocok untuk menggambar dengan cara blok, atau bentuk siluet (layang-layang)
3). Tinta bak, spidol, cat air, dan pastel cocok untuk menggambar dengan teknik campuran. Banah untuk bidang gambar dapat berupa kertas, gambar bertekstur, buku gambar, kertas HVS, dan kertas jeruk.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Iqbal10™ - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -