Posted by : Iqbal 8 Sept 2019

Untuk menginstal Laravel sebelumnya kita memerlukan beberapa software pendukung yang sudah terinstal terlebih dahulu yakni XAMP dan Composser.

Lalu apa itu XAMP?

Bagi anda yang ingin memperdalam pembuatan web secara mendalam,maka sangat perlu anda mengetahui apa itu Xampp.Xampp adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket,yaitu Apache,MySQL,dan PHPMyAdmin,Dengan Xampp pekerjaan anda sangat dimudahkan karena dapat menginstalasi dan mengkonfigurasi ketiga aplikasi tersebut dengan sekaligus dan otomatis.

Xampp telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.versi yang terbaru adalah revisi dari yang terdahulu,sehingga lebih baik dan lebih lengkap.aplikasi utama dalam paket Xampp yakni terdiri atas web server Apache,MySQL,PHP,dan PHPMyAdmin.

Lau apa itu Composser?

Composer adalah sebuah project open source yang dimotori oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Project composer ini dihost di github tercatat sejak tanggal 3 April 2011 dan masih aktif sampai sekarang.

Kehadiran composer membuat ngoding php jadi lebih terstruktur dan lebih rapi. Banyak programmer terbiasa dengan bahasa pemrograman yang terstruktur, ketika pindah ke php, menemukan banyak hal yang rancu. Terutama dalam memanajemen struktur hirarki project. Sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menerapkan konsep OOP yang baik dalam php.

Berikut ini cara menginstal Laravel 5.5

Menginstal XAMP terlebih dahulu


1. Download XAMP terlebih dahulu . Silahkan klik disini untuk membuka halaman download XAMP. Jika sudah maka di jalankan aplikasi yang sudah di download
2. Jika muncul peringatan ketika di buka maka klik ok saja dan lakukan proses instalisasi hingga selesai
3. Klik tombol finish dan lakukan setup dengan bahasa amerika.
4. Tampilan XAMP ketika sudah terinstall.

Menginstal Composser

Apabila telah selesai menginstall XAMP maka install composser.

1. Download  Composser pada halaman ini. Lalu klik pada Composser - Setup.exe
2. Jalankan aplikasi yang sudah di download dan selsesaikan proses instalisasinya. 

Menginstal Laravel

 Apabila sudah mengistal composser dan XAMP barulah kita bisa menginstall laravel. Untuk menginstal laravel sendiri dibutuhkan koneksi internet, karena pada prosesnya proses instalisasi ini mendownload berbagai file.

1. Pertama tama buka halaman ini. Jika sudah maka blok dan copy kalimat seperti di gambar
2. Lalu buka cmd dengan cara membuka di kolom pencarian dan menuliskan cmd, atau dengan cara menekan windows+R lalu ketik cmd dan run. Apabila sudah terbuka lalu paste kalimat yang di salin sebelumnya.
3. Setelah di paste lalu tekan tombol enter untuk proses instalisasi
4. Ketik laravel new test dan tekan enter untuk membuat project baru bernama test. Lama tidaknya proses ini dikarenakan oleh kecepatan internet karena pada proses ini laravel mendownload dulu semua dependensi. Proses ini hanya dilakukan sekali saja di awal dalam permbuatan project. Karena laravel menggunakan cache yang sudah di download sebelumnya, kecuali file dependasinya baru.
5. Ketik cd  test untuk memasuki folder test lalu enter. Lalu ketik php artisan serve untuk menjalankan laravel dan tekan tombol enter juga.

6.Ketik localhost:8000 pada browser lalu tekan enter apabila yang muncul sesuai dengan gambar dibawah maka laravel sudah siap digunakan.

 Sumber
 https://www.codepolitan.com/apa-composer-dan-kenapa-harus-composer
https://www.youtube.com/watch?v=JyBfSZFSETA


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Iqbal10™ - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -